Dasar-Dasar Teknik Pencahayaan Pada Desain Bangunan Rumah Tinggal

Pencahayaan adalah hal yang sangat penting didalam perencanaan suatu bangunan. Cahaya alami matahari pada waktu siang hari dan cahaya buatan dari lampu pada malam hari yang ada dalam bangunan akan sangat penting guna mendukung seluruh aktifitas kita. Perencanaan dan pengolahan bentuk rumah yang tepat akan memenuhi seluruh kebutuhan akan pencahayaan dengan baik. Semenjak ditemukannya bola lampu oleh Thomas A. Edison, maka pada saat ini kita dapat memanfaatkan terang dan cahaya pada saat gelap atau malam hari untuk beraktifitas. Keberadaan lampu telah membuat perubahan pola hidup masyarakat dari yang tidak banyak beraktifitas pada malam hari menjadi lebih banyak aktifitas lagi. Lampu bukan hanya sebagai penerangan didalam kegelapan akan tetapi dapat pula dinikmati keindahan cahayanya. Cahaya kota dengan hiasan gemerlap lampu, yang tidak hanya berfungsi untuk member penerangan tapi juga memberikan keindahan dan kesan tertentu.

Untuk dapat menerapkan dan memanfaatkan cahaya secara maksimal maka perlu diketahui terlebih dahulu teknik dasar dan jenis-jenis dari cahaya tersebut. Teknik dan jenis-jenis cahaya tersebut dapat dikategorikan dalam 4 (empat) jenis,

  1. Pencahayaan langsung

Pencahayaan langsung adalah cahaya yang dapat dinikmati atau diperoleh secara langsung dari sumbernya tanpa terhalang sesuatu. Contoh dari jenis cahaya ini adalah cahaya matahari diruang terbuka dan cahaya lampu pada plafon/dinding. Karena sifatnya langsung maka cahaya yang dihasilkan lebih terang dan kadang menyilaukan. cahaya langsung biasanya banyak diterapkan pada teras, ruang servis (misalnya: dapur, cuci), ruang belajar, ruang rapat, gudang, garasi.

  1. Pencahayaan ambient atau tidak langsung

Cahaya yang pancaran sinarnya dapat dinikmati setelah melalui proses pemantulan dari suatu media atau secara tidak langsung, jenis tersebut adalah jenis dari pencahayaan ambient. Dengan teknik jenis ini, cahaya yang dihasilkan akan terasa lebih hangat, lembut dan tidak menyilaukan. Jenis cahaya seperti tersebut diatas banyak dipergunakan diruang-ruang yang lebih menuntut kesan nyaman, tenang dan hangat. Ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, ruang tidur adalah area yang banyak menggunkan jenis teknik ini. Kadangkala jenis pencahayaan ini akan lebih baik jika dipadukan dengan jenis pencahayaan lain, seperti pencahayaan langsung atau pun pencahayaan aksen. Kekurangan dari jenis pencahayaan ini adalah besarnya kuantitas lampu ataupun daya lampu yang dipergunakan.

  1. Pencahayaan Aksen

Pencahayaan yang dipergunakan untuk tujuan tertentu guna menonjolkan suatu obyek, benda atau sudut tertentu pada ruangan. Jenis teknik ini banyak dipergunakan di ruang-ruang galeri/pameran dan dinding ruang tamu/keluarga/penerima. Tujuan jenis teknik pencahayaan ini biasanya adalah untuk menambah/meningkatkan kualitas obyek/benda menjadi lebih menarik (eksotis). Dalam perkembangannya jenis teknik ini juga banyak dipergunakan di luar ruangan atau lansekap untuk membentuk kesan tertentu pada suatu ruang luar. Karena cahaya yang mengarah ke obyek/banda yang dipamerkan maka benda tersebut akan menjadi cepat panas dan kemungkinan rusak oleh paparan panas dari sumber cahaya tersebut.

  1. Pencahayaan Estetis

Pencahayaan estetis adalah jenis cahaya yang mampu menghasilkan beragam kombinasi warna secara bergantian dan terus menerus dalam suatu urutan dan irama. Jenis pencahayaan ini dipergunakan untuk menarik perhatian dan membuat ruangan menjadi dinamis. Papan reklame, ruang pesta, teras. Karena kelebihannya tersebut jenis pencahayaan ini adalah tidak banyak terdapat dipasaran dan harganya pun relatif lebih mahal dari jenis lainnya. Pengetahuan atas macam dan jenis-jenis pencahayaan akan membantu kita untuk lebih bijak dalam menerapkannya. Ketepatan penggunaan cahaya di dalam rumah tinggal bukan hanya akan membuat ruang lebih berkualitas tetapi juga membuat konsumsi energi lebih efektif. Dengan demikian maka bangunan rumah tinggal menjadi bangunan yang lebih ramah terhadap lingkungannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s