Pintar Dalam Membeli Rumah

Kebutuhan pokok manusia ada 3 yaitu Pangan, Sandang dan Papan. Papan atau rumah sebagai salah satu dari tiga hal tesebut, tingkat kebutuhannya saat ini sangatlah tinggi dan seringkali susah untuk diperoleh. Didalam memenuhi kebutuhannya tersebut sering kali dihadapkan pada realita bahwa rumah sehat, lahan luas serta layak sangat terbatas. Harga untuk mendapatkannya pun tinggi, sementara kemampuan secara ekonomi rendah. Hal tersebut menjadikan rendahnya daya beli dan kemampuan untuk memperoleh rumah idaman.

Rumah murah idaman bagaikan sebuah mimpi yang sangat sukar untuk mewujudkannya. Hal tersebut ditambah lagi dengan prosesnya yang membutuhkan waktu lama. Untuk hal tersebutlah maka sebaiknya dipastikan perihal fungsi, tujuan membeli rumah dan lakukanlah survey terlebih dahulu agar rumah idaman yang tepat dan sesuai keinginan dapat tercapai. Berikut ini 3 (tiga) pedoman dalam menentukan pilihan rumah murah idaman.

  1. Memastikan Fungsi dan tujuan membeli rumah :
  • Pilihlah hunian dengan lingkungan yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Hal ini dilakukan apabila fungsi dan tujuan nantinya untuk dipergunakan sendiri
  • Pilihlah lokasi dengan lingkungan yang sudah tumbuh dan hidup. Kriteria ini digunakan apabila hunian ini nantinya hendak disewakan atau dijual dan sebagai bentuk investasi.
  • Pilihlah hunian dan lingkungan yang sedang akan tumbuh dan berkembang. Perlu juga dipertimbangkan kredibilitas dari pengembang atau developernya sehingga mampu memberikan kepastian mutu atau kualitasnya dan peningkatan nilai value-nya. Hal ini diperlukan jika tujuan dan fungsi membeli rumah untuk dijual kembali.
  1. Lokasi Rumah : 
  • Perhatikan pula rumah tersebut memiliki jarak dengan aktivitas kantor atau tempat usaha.
  • Apakah aksesnya dekat dengan stasiun kereta api, terminal bus dan akses jalan tol.
  • Lingkungan yang tenang dan jauh dari kebisingan.
  1. Mentetapkan Anggaran :
  • Rumah 100 sampai dengan 500 Juta Rupiah
  • Rumah antara 500 Juta sampai dengan 1 Milyar Rupiah
  • Rumah di atas 1 Milyar Rupiah

Selain menetapkan anggaran, ada baiknya perlu dipikirkan pula kemudahan transportasi ke tempat kerja. Pilihlah perumahan yang aksesibilitasnya dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Selain faktor transportasi, pertimbagkan pula fasilitas pendukung lainnya seperti pusat belanja, pendidikan, perkantoran serta sarana kesehatan. Tak hanya itu saja, untuk mendapatkan hunian idaman. Amati pula potensi wilayahnya. Semakin cepat perkembangan suatu wilayah, semakin banyak orang memilih untuk membeli hunian di wilayah tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s