RUMAH ALMA-KRANDANGAN WEST LOMBOK

Rumah tinggal pribadi milik dari Ibu Maria dan Bapak Alberto ini terbilang simple namun tetap terlihat indah dan kental dengan konsep tropisnya pada bentuk atap dan sistem sirkulasi udara yang lancar serta pencahayaan yang maksimal pada setiap ruangnya. Bangunan yang terdiri dari 2 lantai dengan total luasan mencapai 400 m2, di dalamnya terdapat ruang tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi dan gudang.

Bangunan ini dibangun dengan sistem struktur yang tidak banyak dipergunakan di Indonesia khususnya di Pulau Lombok. Sistem strukurnya dengan menggunakan pondasi sistem Rakit dan struktur dinding beton. Pemilihan sistem ini didasarkan oleh pertimbangan efisiensi waktu dan kekuatan. Pondasi dibuat dengan menuangkan beton pada sistem pembesian terpadu antara dinding dan lantai sehingga menjadi satu kekuatan. Dinding yang dipergunakan adalah dinding cetak dari beton dengan rongga yang diisi dengan besi dan dituangkan campuran beton kedalam rongga tersebut. pembesian dilakukan secara horisontal dan vertical. Berikut dibawah ini adalah gambar foto yang dapat menjelaskan bagaimana pelaksanaannya dilapangan.

Sejak dimulai hingga selesai bangunan ini hanya dikerjakan oleh 4 tukang dan selama 4 bulan pekerjaan. Secara kekuatan bangunan ini telah teruji kekuatan strukturnya pada gempa Lombok 5 agustus 2018 dengan magnitudo 7 SR.

Iklan

The Architect Associates

The Insatiable Traveler

Embrace Adventure. World Travel | Award-winning Photography| Inspiration | Tips

THE THIRD EYE

street journals | photo chronicles | reflections | doodles

Kosmo Foto

Film photography and analogue adventures

P I C T U R I Z E

The Magic Behind Reality

%d blogger menyukai ini: